Cara Mudah Setting Voip Gateway Planet VGW 400 1 FXO dengan 2 FXS 4 Port

22:48
Cara Mudah Setting Voip Gateway Planet VGW 400 1 FXO dengan 2 FXS 4 PortSebelum kita melakukan konfigurasi Voip Gateway ada baiknya kita mengetahui fungsi dari Voip Gateway tersebut. Voip Gateway menurut saya paling mudah menjelaskannya adalah sebuah system yang mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya atau lebih mudah dimengerti adalah mengubah suara menjadi data dengan bandwidth yang rendah.

Yang saya akan konfigurasi pada artikel ini adalah Voip Gateway Planet VGW 400 4 Port, sebenarnya alasan saya menulis artikel ini karena pengalaman saya saat bekerja yang saat itu tiba-tiba mendapatkan tugas dari Big Bos buat konfigurasi Voip tersebut karna perintah atasan dan memang sudah tugas saya sebagai teknikal support. Tapi saat itu saya terkendala dalam hal konfigurasi sampai beberapa hari tidak berhasil padahal sudah ubek-ubek googel ga ketemu juga artikel yang membahas konfigurasi pada Voip Gateway Planet Type tersebut, bahkan di manual book pun tidak di jelaskan secara rinci, untuk saja Bos saya kagak marah-marah heheee. Akhirnya setelah saya berjuang dengan sedikit infomasi dari teman akhirnya selesai juga tugas hahahaha. Jadi mudah- mudahan artikel ini kiranya dapat bermanfaat sekaligus pengalaman Artikel pertama saya. Oke Langsung saja.

Pada kasus ini saya menggunakan 1 FXO Voip Gateway Planet VGW-400 4 port dan 2 FXS Voip Gateway Planet VGW-400 4 Port.

Instalasinya seprti ini
1. Untuk FXO saya buat IP WAN 192.168.1.210 dengan 3 ext PABX dan 1 PSTN 
2. Untuk FXS 1 saya buat IP WAN 192.168.1.211 dengan 2 ext PABX dan 1 PSTN
3. Untuk FXS 2 saya buat IP WAN 192.168.1.213 dengan 1 ext PABX

Catatan : 
FXO berfungsi untuk dari PABX atau PSTN ke Voip sedangkan FXS untuk ke Handset  atau telepon.

Konfigurasi pada FXO
1. Pastikan Voip Gateway FXO sudah menyala
2. Hubungkan Voip sama PC dengan kabel LAN pada port Lan
3. Ubah IP PC anda jadi static dengan ip default Viop gateway agar bias masuk ke wab console
4. Buka jendela browser ketikan alamat URL http//192.168.0.1 dan masukan user name = admin 
    dan password = admin
5. Pada Menu Network silakan anda sesuaikan dengan network
    Contoh IP yang saya gunakan:
    IP Address : 192.168.1.210
    Netmask : 255.255.255.0
    Default Gateway : 192.168.1.1
    DNS Server1 : Kosongkan
    DNS Server2 : Kosongkan
    Voip VLAN : Diseble
    Pada seting LAN sengaja saya buat bridge agar menyesuaikan dengan DHCP network saya
    DDNS : Diseble
6. Pada menu Voip setting Proxy saya buat No.
7. Pada Menu Dialing plan pada tab Phone Book setting seperti gambar dibawah


8. Pada Menu FXO Setting
    Klik Edit pada setiap Line ID atau setiap Port FXO
    aktifkan Line ID 1
    Incoming Call : Hot Line
    Hot Line TEL : 201
    TEL No : 101
    
Lakukan seperti cara diatas untuk Line ID 2 sampai Line ID 4 
Line ID 1  -   TEL No 101  -  Hot Line TEL 201 
Line ID 2  -   TEL No 102  -  Hot Line TEL 202
Line ID 3  -   TEL No 103  -  Hot Line TEL 203
Line ID 4  -   TEL No 104  -  Hot Line TEL 204       
   
Untuk settingan yang lain saya buat default.


Konfigurasi pada FXS 1 
1. Masuk Web Console seperti cara FXO tadi
2. Pada Menu Network silakan anda sesuaikan network anda
    Contoh IP yang saya gunakan:
    IP Address : 192.168.1.211
    Netmask : 255.255.255.0
    Default Gateway : 192.168.1.1
    DNS Server1 : Kosongkan
    DNS Server2 : Kosongkan
    Voip VLAN : Diseble
    Pada seting LAN sengaja saya buat bridge agar menyesuaikan dengan DHCP network saya
    DDNS : Diseble
3. Pada Menu Voip Setting proxy saya buat No
     Yang lain buat default saja

4. Pada Menu Dialing plan pada tab Phone Book edit seperti gambar di bawah

5. Pada Menu FXS Setting
    Pada FXS1 ini yang saya gunakan 3 Port saja karena 1 port lagi buat FXS 2

    Caranya:
   
    Klik Edit pada setiap Line ID atau setiap Port FXS
    aktifkan Line ID 1
    Hot Line : Enable
    Hot Line TEL : 101
    Register Type : Internal
    TEL No : 201
    
Lakukan seperti cara diatas untuk Line ID 2 sampai Line ID 4 
Line ID 1  -   TEL No 101  -  Hot Line TEL 201 
Line ID 2  -   TEL No 102  -  Hot Line TEL 202
Line ID 3  -   TEL No 103  -  Hot Line TEL 203
Line ID 4 saya non aktifkan.
  
Untuk settingan yang lain saya buat default.
  
Pada Konfigursi FXS 2
Sama seperti settingan pada FXS 1

1. Sesuaikan pada Menu Network
    Contoh IP yang saya gunakan:
    IP Address : 192.168.1.212
    Netmask : 255.255.255.0
    Default Gateway : 192.168.1.1
    DNS Server1 : Kosongkan
    DNS Server2 : Kosongkan
    Voip VLAN : Diseble
    Pada seting LAN sengaja saya buat bridge agar menyesuaikan dengan DHCP network saya
    DDNS : Diseble

2. Pada Menu Voip Setting proxy saya buat No
    Yang lain buat default saja

3. Pada Menu Dialing plan pada tab Phone Book
    Name : 104 - TEL no : 104@192.168.1.210

4. Pada Menu FXS Setting

Caranya:
Klik Edit pada setiap Line ID atau setiap Port FXS
aktifkan Line ID 1
Hot Line : Enable
Hot Line TEL : 104
Register Type : Internal
TEL No : 204

Line ID yang Lain Non Aktifkan saja

Selesai sudah Konfigurasi Voip Gateway Planet VGW 400 1 FXO dengan 2 FXS.
Ini Hanya konfigurasi standar untuk jaringan WAN masing banyak lagi fitur-fitur lain yang bisa kembangkan seperti SIP Trunk DLL sesuai kebutuhan anda.

Share this :

First
8 Komentar
avatar

Makasi Mas

Balas
avatar

makasih banyak mas ... (y)


**************
**************

Balas
avatar

terima kasi mas

Balas
avatar

selamat sore mas... terimakasih atas artikel yang dimuat.... sangat membantu... tetapi ada yang mau saya tanyakan... mengapa line fxo saya mau tergantung.. bila dilihat dari statusnya Talk..kalau saya amati seperti terjadi apabila ada yang call ke extn tersebut tetapi tidak ada yang mengangkat... ketika penelepon menutup panggil di voip FXO tidak release, seakan terpakai terus... mohon pencerahannya... terimakasih

Balas
avatar

Bg,bagaimana jika settingan dari planet ini ketika telpon masuk dan nada dering berbunyi pas di angkat telpon tiba" mati,solusinya gima yah bg trims🙏

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Kompi Cakep ✔